Pages

Subscribe:

Monday, December 10, 2012

Berlatih Yoga 45 Menit Sehari Tingkatkan Kehidupan Seks Wanita

Jakarta, Akhir-akhir ini yoga semakin diminati di kalangan wanita karena merupakan olahraga yang rileks tapi cukup efektif membakar kalori. Untuk masalah seks, yoga ternyata juga mujarab. Sebuah penelitian menemukan bahwa berlatih yoga 45 menit tiap hari dapat meningkatkan kehidupan seks wanita.

Penelitian tersebut dilakukan oleh sebuah tim seksolog terkemuka dari India. Sebanyak 40 orang wanita berusia 22 - 55 tahun ikut ambil bagian dalam penelitian ini. Kesemua peserta diminta mengikuti pelatihan yoga selama 3 bulan di sebuah institut yoga di Thane, India.

Pengaruh latihan yoga terhadap kehidupan seksual wanita ini diukur menggunakan kuesioner yang disebut Female Sexual Function Index. Indeks ini memuat 20 pertanyaan dengan masing-masing 5 jawaban. Kuesioner ini digunakan oleh dokter dari All India Institute of Medical Sciences, Delhi.

Kesemua subyek diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur faktor-faktor seperti keinginan seks, nyeri, pelumasan, orgasme dan kepuasan mental. Di akhir 12 minggu, peserta diberi kuesioner lagi dan dinilai lalu dibandingkan dengan hasil kuesioner pertama.
"Sebanyak 85 persen subyek melaporkan berkurangnya rasa nyeri secara substansial selama hubungan seksual dan pelumasannya juga meningkat. Mereka mendapatkan orgasme yang lebih baik dan gairahnya juga meningkat. Yoga membantu meningkatkan kemampuan otot dasar panggul yang membantu respons seksual," kata Dr Vikas Dhikav, ahli farmasi dari Delhi's Maulana Azad Medical College seperti dilansir Pop Science. Senin (10/12/2012).

Tak hanya itu, dr Dhikav juga menegaskan bahwa semakin tua seorang wanita mempraktikkan yoga, maka semakin baik pula hasilnya. Dalam laporan yang diterbitkan Journal of Sexual Medicine, hasil penelitian menegaskan bahwa ditemukan peningkatan signifikan secara substansial pada wanita berusia 45 tahun ke atas.

Putro Agus Harnowo - detikHealth
(pah/nvt)

0 comments:

Post a Comment